Mengenal Analisis Komparatif: Definisi & Bagaimana Melakukannya
Saat bisnis ingin memulai kampanye pemasaran atau berkembang, analisis komparatif dapat memberi mereka informasi yang membantu mereka membuat keputusan penting. Analisis ini mengumpulkan kumpulan data yang berbeda untuk membandingkan pilihan yang berbeda sehingga bisnis dapat membuat keputusan yang baik untuk pelanggannya dan dirinya sendiri. Jika Anda atau bisnis Anda ingin membuat keputusan yang baik, mempelajari analisis komparatif dapat membantu.
Pada artikel ini, kami akan menjelaskan analisis komparatif dan kepentingannya. Kita juga akan belajar bagaimana melakukan analisis yang baik.
Definisi Analisis Komparatif
Analisis komparatif adalah cara untuk melihat dua atau lebih hal yang serupa untuk melihat bagaimana mereka berbeda dan kesamaan apa yang mereka miliki.
Ini digunakan dalam banyak cara dan bidang untuk membantu orang memahami persamaan dan perbedaan antara produk dengan lebih baik. Ini dapat membantu bisnis membuat keputusan yang baik tentang masalah utama.
Salah satu cara penggunaannya yang bermakna adalah ketika diterapkan pada data ilmiah. Data ilmiah adalah informasi yang telah dikumpulkan melalui penelitian ilmiah dan akan digunakan untuk tujuan tertentu.
Ketika digunakan pada data ilmiah, ini menentukan seberapa konsisten dan andal data tersebut. Ini juga membantu para ilmuwan memastikan data mereka akurat dan valid.
Pentingnya Analisis Komparatif
Analisis komparatif penting jika Anda ingin memahami suatu masalah dengan lebih baik atau menemukan jawaban atas pertanyaan penting. Berikut adalah tujuan utama yang ingin dicapai bisnis melalui analisis komparatif.
- Ini adalah bagian dari fase diagnostik analitik bisnis. Ini dapat menjawab banyak pertanyaan terpenting yang mungkin dimiliki perusahaan dan membantu Anda mengetahui cara memperbaiki masalah pada inti perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan bahkan menghasilkan lebih banyak uang.
- Ini mendorong pemahaman mendalam tentang peluang yang berlaku untuk proses, departemen, atau unit bisnis tertentu. Analisisini juga memastikan bahwa kami mengatasi alasan sebenarnya dari kesenjangan kinerja.
- Ini banyak digunakan karena membantu orang memahami tantangan yang dihadapi organisasi di masa lalu dan yang dihadapinya sekarang. Metode ini memberikan informasi yang obyektif dan berdasarkan fakta tentang kinerja dan cara untuk memperbaikinya.
Bagaimana cara sukses melakukannya
Pertimbangkan untuk menggunakan saran di bawah ini untuk melakukan analisis komparatif yang berhasil:
Melakukan penelitian
Sebelum melakukan analisis, penting untuk melakukan banyak penelitian. Riset tidak hanya memberi Anda bukti untuk mendukung kesimpulan Anda, tetapi mungkin juga menunjukkan sesuatu yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Riset juga dapat memberi tahu Anda bagaimana pesaing Anda menangani masalah.
Buat daftar apa yang berbeda dan apa yang sama.
Saat membandingkan dua hal dalam analisis komparatif, Anda perlu membuat daftar persamaan dan perbedaan yang mendetail.
Cobalah untuk mencari tahu bagaimana perubahan pada satu hal dapat memengaruhi hal lain. Seperti bagaimana peningkatan jumlah hari liburan memengaruhi penjualan, produksi, atau biaya.
Analisis komparatif juga dapat membantu Anda menemukan penyebab luar, seperti kondisi ekonomi atau masalah lingkungan.
Jelaskan kedua sisi tersebut
Analisis komparatif mungkin mencoba menunjukkan bahwa satu argumen atau ide lebih baik, tetapi analisis harus mencakup kedua sisi secara setara. Analisis menunjukkan kedua sisi argumen utama dan klaim.
Misalnya, untuk membandingkan keuntungan dan kerugian dari memulai program daur ulang, seseorang dapat memeriksa dampak positifnya, seperti tanggung jawab perusahaan dan potensi dampak negatifnya, seperti biaya implementasi yang tinggi, untuk membuat keputusan yang bijak dan praktis atau membuat keputusan alternatif. solusi.
Sertakan variabel
Unit analisis perbandingan yang menyeluruh biasanya lebih dari sekadar daftar pro dan kontra karena biasanya mempertimbangkan faktor yang mempengaruhi kedua belah pihak.
Variabel dapat berupa hal-hal yang tidak dapat diubah, seperti pengaruh cuaca di musim panas terhadap kecepatan pengiriman, dan hal-hal yang dapat diubah, seperti kapan harus bekerja dengan pengirim lokal.
Lakukan analisis secara teratur
Analisis komparatif penting untuk praktik bisnis apa pun. Pertimbangkan berbagai bidang dan faktor yang dilihat oleh analisis komparatif:
- Pesaing
- Inventaris
- Seberapa baik saham
- Posisi keuangan
- Profitabilitas
- Dividen dan pendapatan
- Pengembangan dan penelitian
- Penjualan
Karena analisis komparatif dapat membantu lebih dari satu departemen dalam sebuah perusahaan, melakukannya sering kali dapat membantu Anda mengikuti perubahan pasar dan tetap relevan.
Tag:academic research, buku dosen, Community Service, Dosen Berprestasi, Kampus Swasta Terbaik, Kampus Terakreditasi, Kampus Terbaik, Pengabdian kepada Masyarakat, quality research, Universitas Rangking, Universitas Standar Internasional, Universitas Terakreditasi, Universitas Terbaik, writing research