Data pelanggan yang baik penting untuk layanan pelanggan yang baik. Anda tidak dapat memberikan perawatan sarung tangan putih kepada seseorang jika Anda tidak tahu apa-apa tentang mereka. Perusahaan perlu menggunakan data pelanggan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan berkembang, terutama di dunia yang digerakkan oleh data saat ini. Namun, beberapa organisasi mengalami masalah karena informasi mereka sudah ketinggalan zaman atau tidak cukup. Merek lain mendapatkan banyak data tetapi tidak dapat menggabungkan semuanya karena berada di tempat yang berbeda. Kedua hal ini dapat menyebabkan silo data.
Bisnis perlu mengetahui bagaimana silo informasi dibuat dan bagaimana menghilangkannya. Silo ini menyebabkan inefisiensi dan membuat interaksi layanan pelanggan menjadi lebih kompleks, yang membuat agen layanan pelanggan stres dan membuat pelanggan tidak bahagia. Tim penjualan, produk, dan pemasaran Anda juga dapat melewatkan informasi pelanggan yang penting.
Di artikel ini, kita akan membahas definisi silo data, Apa dampak negatifnya terhadap organisasi Anda. Kami juga belajar bagaimana Anda dapat memecah silo.
Apa itu Silo Data?
Silo data adalah tempat terpisah di mana beberapa grup dalam suatu organisasi dapat menyimpan data. Mereka tidak dapat berbagi data dengan sistem data lain dan hanya dapat membantu dengan satu fungsi bisnis. Silo data seperti silo di pertanian tempat biji-bijian (data) disimpan secara terpisah. Sayangnya, silo yang tidak membagikan informasi ini memiliki nama buruk. Mereka menjadi perhatian utama bagi beberapa organisasi. Itu mempersulit para pemimpin bisnis untuk melihat gambaran besarnya dan mempersulit untuk berbagi informasi.
Bisnis telah menghabiskan banyak uang untuk perangkat lunak untuk meningkatkan proses bisnis mereka selama bertahun-tahun. Mereka telah membuat banyak sistem, proses, dan aplikasi yang menghasilkan data untuk alasan mereka sendiri. Dengan melakukan ini, mereka telah membuat kebenaran kecil mereka sendiri yang terpisah dari yang lain. Jadi tidak sulit untuk melihat mengapa sebagian besar organisasi masih memiliki masalah silo.
72% organisasi mengatakan mempertahankan berbagai sistem CRM di silo teknologi itu sulit. Dalam survei lain dari Adobe terhadap 1.000 pembuat keputusan TI, 37% mengatakan bahwa silo data adalah masalah terbesar dalam mendapatkan satu tampilan pelanggan mereka. Orang-orang telah lama mengkritik silo data karena merusak kualitas data dan mempersulit penyelesaian pekerjaan. Banyak bisnis dapat melihat bahwa mereka membatasi visibilitas di berbagai vertikal dan mempersulit pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang baik.
Dampak Negatif dari Silo Data
Silo data adalah kumpulan data yang terpisah satu sama lain, yang membuatnya sulit untuk mengeluarkan data dan menggunakannya. Saat Anda memiliki silo data, Anda tidak dapat melihat semua data perusahaan Anda sekaligus atau menganalisisnya sepenuhnya. Kami akan mengeksplorasi beberapa dampak negatif dari ini di bawah ini:
Informasi dan ide yang terfragmentasi berasal dari silo data
Silo data mempersulit untuk melihat data secara keseluruhan karena membuat tampilan yang tidak terhubung. Ketika informasi dan ide tim Anda tersebar, wajar jika keputusan mereka tidak dipikirkan dengan baik.
Di lautan sistem data yang terputus, membuat keputusan seperti melihat puncak gunung es yang mengambang. Risiko sebenarnya adalah pengguna bisnis, pengguna data, atau bahkan eksekutif bisnis Anda tidak melihat gambaran keseluruhannya. Mereka perlu memanfaatkan wawasan penting dan mendalam yang dapat membantu bisnis Anda berkembang dengan kuat.
Sebagian besar perusahaan menginginkan pandangan 360° dari pelanggan mereka karena memungkinkan mereka bertindak secara proaktif dan mengirimkan pesan yang relevan dan dipersonalisasi ke banyak pelanggan di setiap tahap perjalanan pelanggan. Dengan silo data, hampir tidak mungkin mendapatkan satu tampilan pelanggan.
Silo menurunkan kualitas dan keandalan data
Menyimpan informasi bisnis dalam sistem data terpisah membuatnya kurang berharga. Ketika data disimpan dalam silo, dengan cepat menjadi usang atau salah, yang dapat menyebabkan organisasi Anda secara keseluruhan memiliki integritas data yang buruk.
Silo data yang tidak terhubung mungkin tidak pernah diperbarui atau diperiksa karena tidak terhubung satu sama lain. Ini dapat menyebabkan data yang tidak akurat dan lama. Jika informasi yang salah ini digunakan oleh bisnis atau pengguna data Anda dalam pekerjaan sehari-hari, hal itu dapat menyebabkan lebih banyak masalah.
Dalam situasi lain, tim bisnis dapat menyimpan informasi duplikat di sistem penyimpanan mereka. Tim pemasaran dan penjualan dapat menduplikasi sebagian kecil audiens yang ingin Anda jangkau untuk proyek tertentu. Karena banyak sumber informasi yang hanya lengkap sebagian, praktik duplikasi data ini menurunkan kualitas data.
Silo data mengurangi kecepatan tindakan
Kami telah membahas bahwa kecepatan dan fleksibilitas adalah kunci sukses bisnis. Untuk berhasil dalam bisnis, perusahaan harus segera melihat setiap aspek pelanggan mereka dan memenuhi kebutuhan mereka sesegera mungkin untuk tetap berada di depan persaingan. Saat informasi terbagi, tim bisnis Anda harus melakukan pekerjaan daube. Tim yang berbeda mungkin akan mengulangi serangkaian tugas yang sama karena tugas tersebut tidak ditentukan dengan jelas untuk mereka. Dalam situasi ini, rasio waktu terhadap nilai tinggi, dan “kelelahan data” akhirnya terjadi.
Dengan silo data, sulit untuk membuat keputusan yang cepat dan terinformasi dengan baik. Tim bisnis dan data Anda harus terlebih dahulu mengumpulkan dan memproses data dari berbagai sumber. Saat ini, fakta bahwa Anda pindah lebih dulu tidak lagi menjadi keuntungan. Selain itu, dengan silo data, Anda mungkin membuat keputusan berdasarkan informasi yang sudah usang.
Silo data menghambat penyelarasan organisasi
Penyelarasan Organisasi adalah kunci sukses bisnis yang terbukti. Ini menyelaraskan tim operasional dan fungsional di sekitar tujuan yang jelas dan bermakna. Ini memastikan bahwa semua bagian bisnis Anda, baik operasional maupun strategis, bekerja sama dengan sebaik-baiknya. Tim dengan arah yang jelas ke depan mencapai hasil yang lebih baik lebih cepat dengan sedikit usaha karena mereka lebih fleksibel dan peka terhadap perubahan lingkungan operasional.
Silo data adalah hambatan untuk Penyelarasan organisasi. Mereka menghilangkan kemampuan data dan tim bisnis untuk membuat keputusan dengan cepat, dengan lebih banyak informasi dan ketangkasan. Dalam jangka panjang, mereka merusak pengembangan, pembelajaran, dan pemaksimalan bakat yang berkelanjutan. Karena silo data, tidak ada koordinasi dan kerja sama yang cukup antara tim yang berbeda, yang memperlambat produktivitas dan membuat penggunaan sumber daya menjadi kurang efisien.
Untuk mengatasi masalah kolaborasi, Anda harus merampingkan aplikasi bisnis yang bekerja sama dan memusatkan data Anda di gudang data cloud atau data lake. Ini memungkinkan data dan tim bisnis menstandarkan informasi dan melihat data organisasi Anda sepenuhnya.