Iklan tetap menjadi salah satu komponen terpenting dari keseluruhan strategi periklanan. Pelanggan potensial hanya melihat iklan sebagai bagian dari kampanye pemasaran Anda. Preferensi dan demografi iklan menginstruksikan platform Iklan tentang apakah dan seberapa sering menampilkan iklan Anda.
Teknik riset pasar seperti pengujian iklan digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan upaya periklanan. Menguji iklan memungkinkan bisnis untuk melihat bagaimana orang akan bereaksi terhadap pesan tertentu dan menyesuaikannya. Ini secara signifikan meningkatkan akun iklan Anda, termasuk tingkat konversi, biaya per konversi, kualitas iklan, dan lainnya.
Ketika pemasar tidak memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin mereka uji dan bagaimana memilih kriteria pemenang yang berfokus pada data, mereka cenderung membuat kesalahan dalam pengujian iklan mereka. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda apa itu pengujian iklan dan cara menjalankannya.
Pengertian Pengujian Iklan
Pengujian iklan adalah proses menganalisis konsep iklan Anda dengan sampel target pasar Anda. Anda dapat menjalankan pengujian pada iklan lengkap atau hanya bagian tertentu saja untuk mendapatkan umpan balik tentang seberapa menonjol iklan tersebut dan bagaimana pemirsa yang ditargetkan menemukannya.
Komponen apa dari iklan Anda yang harus Anda uji? Akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat panduan diskusi Anda jika Anda mengetahui unsur-unsur yang ingin Anda tekankan. Ada beberapa kemungkinan untuk komponen yang Anda pilih untuk diuji, antara lain:
- Ajakan bertindak (CTA) baru
- Berita utama yang diperbarui
- Deskripsi baru
- Gambar baru
- Halaman arahan
- Dll.
Manfaat Pengujian Iklan
Menjalankan iklan membutuhkan biaya. Perusahaan berinvestasi besar-besaran untuk mewujudkan konsep unik mereka, lalu menghabiskan lebih banyak uang untuk menyebarkan berita. Konsekuensinya, mereka membutuhkan upaya periklanan yang kuat, ekstensif, dan menarik. Manfaat signifikan menggunakan pengujian untuk menentukan keefektifan iklan meliputi:
- Ini memberikan informasi sehingga Anda dapat membuat penilaian berdasarkan informasi. Anda tidak akan kesulitan meyakinkan rekan kerja untuk menggunakan konsep iklan yang paling signifikan jika Anda dapat menunjukkan konsep iklan yang mana.
- Ini menawarkan saran untuk lebih banyak kemajuan. Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan salinan Anda yang sudah menarik dengan umpan balik ini!
- Ini membantu Anda mempelajari tentang pelanggan Anda dan membaginya menjadi kelompok yang berbeda. Anda dapat memfilter balasan untuk mengetahui pendapat berbagai grup tentang iklan Anda. Data ini dapat membantu Anda membuat iklan untuk grup tertentu atau satu iklan yang menarik bagi semua.
- Kapasitas ini mencirikan riset pasar yang gesit. Ini membantu bisnis Anda membuat perubahan dengan cepat. Ini memungkinkan tim Anda menjadi lebih mandiri dalam pengambilan keputusan dan mengurangi ketergantungannya pada sumber informasi lain.
Kelemahan Pengujian Iklan
Metode pengujian iklan memiliki banyak kekurangan, meskipun unggul di bidang lain. Lihatlah ini:
- Ini membutuhkan banyak sumber daya yang tersedia. Jika Anda membayar karyawan Anda setiap jam, pengujian iklan akan membebani anggaran Anda secara signifikan.
- Jika Anda melakukan kesalahan, itu bisa merusak reputasi Anda. Efek bagi pemirsa yang telah melihat iklan tersebut akan sama seperti jika Anda melakukan kesalahan selama kampanye langsung.
- Ini mengungkapkan aktivitas Anda kepada pesaing Anda. Jika iklan yang Anda uji dapat dilihat oleh audiens Anda, pesaing Anda juga dapat melihatnya. Membocorkan apapun yang masih dikembangkan bukanlah ide terbaik.
Jenis pengujian iklan yang dapat Anda jalankan
Tidak ada satu pendekatan optimal untuk melakukan pengujian iklan Anda karena bergantung pada situasi Anda. Secara umum, Anda dapat mengkategorikan metode pengujian iklan menjadi pengujian dalam pasar dan survei.
Pengujian di pasar
Pengujian iklan dalam pasar melibatkan uji coba dengan variabel yang dapat dikontrol. Berdasarkan hasil varian ini, Anda dapat menentukan campuran elemen iklan yang paling efektif dan kemudian mengalokasikan sisa uang Anda di sana. Uji iklan dalam pasar dapat dilakukan dengan berbagai metode; yang paling populer adalah:
- Pengujian A/B: Pengujian A/B membandingkan dua salinan iklan Anda sambil menyesuaikan satu faktor untuk melihat mana yang berkinerja lebih baik.
- Pengujian iklan multivariasi: Ini mirip dengan uji A/B tetapi meningkatkan jumlah versi. Setiap iklan seluler memiliki variabel seperti teks pada gambar, CTA, lokasi, pilihan warna, dan grafik. Pengujian iklan multivarian dapat memodifikasi beberapa faktor sekaligus untuk menemukan kombinasi yang optimal.
Pengujian Survei
Uji survei berbeda dengan uji dalam pasar karena tidak ada iklan yang perlu dijalankan di sini. Anda dapat mengumpulkan komentar dari responden Anda, yang dapat diubah menjadi data dan wawasan. Pengujian monadik monadik dan berurutan adalah dua jenis uji survei yang berbeda.
- Pengujian iklan monadik: Iklan dalam pengujian monadik dapat hadir dalam berbagai bentuk. Anda memerlukan ukuran sampel responden yang cukup besar untuk mendapatkan temuan yang signifikan dari pengujian Anda pada berbagai versi iklan. Survei meminta setiap responden untuk memberikan umpan balik setelah melihat satu iklan sendiri.
- Pengujian iklan monadik berurutan: Pengujian iklan monadik berurutan adalah alternatif dari pengujian iklan monadik. Anda akan mengajukan pertanyaan serupa karena ide dasarnya sama. Namun Anda dapat meminta pendapat mereka tentang beberapa varian iklan yang berbeda, satu demi satu, bukan hanya satu untuk setiap responden survei.
Cara Menjalankan Pengujian Iklan
Uji iklan membandingkan beberapa kampanye iklan dengan representasi berbeda dari audiens target Anda dan mencari masukan. Anda dapat memutuskan untuk menjalankan tes iklan pada iklan lengkap atau hanya sebagian saja. Umpan balik akan dikumpulkan tentang apa pun mulai dari seberapa menonjol iklan hingga seberapa terinspirasi orang untuk membeli produk yang diiklankan.
Uji iklan dimulai dengan pengembangan konsep, tetapi mungkin sulit untuk membuat iklan yang sempurna. Jika sekarang Anda siap untuk mulai menguji iklan Anda, berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda ambil:
Pilih iklan yang ingin Anda uji
Iklan Anda dapat terdiri dari video, foto, teks, audio, atau kombinasi dari komponen-komponen ini. Saat Anda memilih struktur untuk promosi Anda, Anda juga harus memeriksa konten mereka sehubungan dengan di mana mereka akan ditampilkan. Misalnya, Anda mungkin ingin menargetkan penggiat jejaring profesional menggunakan iklan Linkedin daripada iklan Facebook atau iklan pencarian Google.
Pilih metrik Anda
Anda harus dapat menentukan apa yang membedakan satu iklan dengan iklan lainnya berdasarkan faktor-faktor yang Anda ukur. Berikut ini harus dianggap metrik periklanan penting:
- Menarik: Apakah visual dan pesan iklan Anda menarik?
- Keaslian: Apakah informasi dalam iklan Anda terlihat asli?
- Motivasi pembelian: Akankah iklan Anda menginspirasi pelanggan untuk membeli produk atau layanan Anda?
- Pentingnya: Apakah iklan tersebut memenuhi persyaratan dan keinginan audiens target Anda?
- Keanekaragaman: Apakah iklan Anda menonjol dari persaingan?
Oleh karena itu, tidak mudah untuk menggeneralisasi seberapa penting berbagai metrik harus diberikan.
Misalnya, jika Anda ingin memastikan bahwa merek Anda menonjol dari persaingan, menjadi orisinal bisa menjadi lebih penting. Namun, jika meningkatkan pendapatan adalah prioritas utama Anda, mengukur niat konsumen untuk membeli mungkin lebih penting.
Survei audiens target Anda
Setelah audiens yang Anda tuju memiliki kesempatan untuk meninjau iklan Anda, Anda akan tahu seberapa efektif iklan tersebut. Anda harus memilih peserta Anda dan mengizinkan mereka untuk memberikan umpan balik pada iklan Anda. Kedua hal berikut adalah metode standar:
- Grup fokus: Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat secara efektif mengumpulkan tanggapan mendetail untuk berbagai pertanyaan. Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk mendapatkan umpan balik dari konsumen dan calon pembeli. Grup fokus dapat membantu mengumpulkan informasi tentang audiens target Anda, tetapi dapat memakan waktu dan mahal untuk disiapkan.
- Survei Online: Dengan menggunakan platform survei online, Anda dapat dengan cepat dan mudah mendapatkan masukan dari audiens target yang Anda pilih. Meskipun Anda dapat mensurvei lebih banyak orang dengan biaya lebih sedikit dengan metode ini, Anda mungkin tidak mendapatkan umpan balik yang mendalam seperti pada grup fokus.
Gabungkan berbagai jenis pertanyaan ke dalam survei Anda. Pertahankan nada objektif, gunakan hanya jumlah kata yang diperlukan untuk menyampaikan ide, dan tinggalkan bahasa deskriptif atau emosional yang dapat memengaruhi reaksi pembaca.
Pilih iklan terbaik dari hasil
Setelah mengumpulkan data, Anda dapat mengevaluasi iklan satu sama lain. Mempertahankan catatan informasi survei yang akurat sangat penting untuk keberhasilan tahap ini. Anda dapat membagi laporan Anda menjadi kesimpulan umum dan hasil khusus dari setiap iklan.
Kesimpulan umum Anda akan menunjukkan iklan mana yang menghasilkan respons awal terbaik dan kemungkinan besar akan meningkatkan penjualan. Anda dapat mempelajari lebih dalam spesifikasi setiap iklan untuk menemukan titik lemah dengan melakukan analisis iklan individual.