Skip to content
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
facebook
twitter
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Call Support 0822-7473-7806
Email Support lp2m@uma.ac.id
Location Jalan Kolam No. 1 Medan
  • BERANDA
  • TENTANG
    • PROFIL
    • VISI DAN MISI
    • TUJUAN DAN SASARAN
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • PIMPINAN DAN STAFF
    • RENCANA INDUK PENGEMBANGAN
    • RENCANA STRATEGIS
    • PROGRAM KERJA
      • BIDANG PENELITIAN
      • BIDANG PENGABDIAN
  • BERITA KEGIATAN
  • KERJASAMA
    • HIBAH
      • KEMENDIKBUD-RISTEK
        • PENELITIAN
        • PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
      • DANA INTERNAL YAYASAN (DIYA)
        • PENELITIAN
        • PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
      • LPDP
        • RISET KEILMUAN
      • MANDIRI
        • PENELITIAN
        • PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    • KAITAN
      • UMA
        • SIGN IN WEBMAIL
        • PENJAMINAN MUTU UMA
        • HIMPUNAN APLIKASI ONLINE
        • JURNAL ILMIAH DOSEN
        • REPOSITORY UMA
        • OPEN ACCESS PUBLIC CATALOG
      • LEMBAGA
        • LLDIKTI WILAYAH I
        • DIKTI KEMDIKBUD
        • BRIN
        • PGHC
        • PHKI
  • LAYANAN & INFORMASI
    • APLIKASI
      • APLIKASI PENELITIAN & PENGABDIAN (LIPAN)
      • SWAMP-D
      • PROSIDING UMA
    • PENDANAAN
      • BIMA
      • RISNOV BRIN
      • MATCHING FUND
      • RISET KEILMUAN LPDP
    • ARSIP DIGITAL
    • GALERI
    • PELAYANAN ONLINE
      • Kinerja Penelitian dan PKM
      • Pengunggahan Laporan Akhir DIYA UMA Tahun 2021
      • Laporan Kemajuan DIYA UMA
    • HKI
      • Pendaftaran HKI
    • HELPDESK
  • PUBLIKASI
    • Jurnal Internasional
    • Hak Cipta
    • Paten
    • Prosiding
    • Buku

Strategi Market Development – Definisi dan Cara Menerapkannya

Home > Artikel > Strategi Market Development – Definisi dan Cara Menerapkannya

Strategi Market Development – Definisi dan Cara Menerapkannya

Posted on November 12, 2022 by adminlp2m
0

Setiap perusahaan pasti akan selalu mencari cara dalam memperoleh pelanggan baru untuk meningkatkan pendapatannya. Membuat strategi pengembangan pasar atau strategi market development akan mampu membantu perusahaan dalam melakukan identifikasi peluang untuk bisa terus berkembang.

Bila Anda ingin lebih memperluas produk dan juga layanan yang ingin Anda tawarkan atau ingin meraih target audiens baru, maka Anda harus mempelajari cara menerapkan strategi market development yang efektif. Lantas, apa itu strategi market development? Kenapa hal ini sangat penting untuk bisnis? Bagaimana cara membuat dan menerapkan strategi market development di dalam bisnis? Ketahui jawabannya dengan membaca artikel tentang market development di bawah ini hingga selesai.

Definisi Market Development

Strategi pengembangan pasar atau market development adalah suatu strategi pengembangan bisnis yang lebih fokus pada memperkenalkan produk yang ada ke target pasar baru. Seringkali perusahaan menggunakan strategi ini untuk melakukan identifikasi dan mengembangkan peluang baru agar bisa menjual produk mereka di pasar yang sebelumnya memang belum mereka jelajahi.Contohnya seperti perusahaan yang membuat ponsel dan menjualnya pada pelanggan yang berada di Indonesia. Perusahaan tersebut bisa mulai membuat iklan dan menjual ponsel yang sama di negara Malaysia agar bisa menjangkau pelanggan yang baru.

Pihak perusahaan juga bisa menggunakan strategi market development agar bisa membuat lini produk baru untuk dijual pada pelanggan baru atau melakukan upsell pada pelanggan yang sebelumnya telah ada. Misalnya, perusahaan tersebut bisa mulai memproduksi earphone. Cara ini menjadi cara baru yang bisa mereka lakukan untuk dijual ke pelanggan mereka saat ini dan diiklankan pada pelanggan baru.

Seorang ahli manajemen strategis bernama Igor Ansoff menjelaskan bahwa terdapat empat strategi utama untuk mengembangkan bisnis, yakni strategi penetrasi pasar, strategi diversifikasi, strategi pengembangan pasar, dan strategi pengembangan produk.

Pentingnya Menggunakan Strategi Market Development

Memiliki strategi market development sangat penting agar bisa membantu perusahaan dalam menjangkau audiens potensial yang lebih luas dan juga mengembangkan bisnis. Selain itu, manfaat lain dalam membuat strategi market development adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kualitas layanan atau produk Anda
  • Memperoleh pelanggan baru
  • Mengembangkan pendapatan
  • Mengembangkan layanan atau produk baru
  • Mendukung perkembangan perusahaan dalam jangka waktu yang panjang
  • Mempertahankan perusahaan
  • Menghasilkan lebih banyak penjualan dan prospek bisnis
  • Memberikan nilai yang lebih banyak untuk para pelanggan
  • Menciptakan margin pendapatan
  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan penjualan pelanggan
  • Meminimalisir biaya produksi per item.

Cara Menerapkan Strategi Market Development

Walaupun memang setiap bisnis melakukan pendekatan yang berbeda dalam membuat strategi marketing development, namun terdapat beberapa langkah dasar yang bisa Anda lakukan untuk memulai membuat strategi market development, yaitu:

1. Teliti Peluang Pengembangan Pasar

Sebelum Anda mulai memperluas ke target pasar baru atau menciptakan produk baru, namun sangat penting sekali untuk melakukan identifikasi terkait peluang pengembangan pasar Anda. Hal ini nantinya akan membantu Anda dalam menentukan peluang mana yang mungkin akan berhasil dan menyajikan pada Anda terkait informasi yang mampu membantu Anda dalam mencapai tujuan.

Untuk mulai meriset peluang pengembangan, Anda bisa melakukan identifikasi target audiens dengan cara membuat persona pembeli. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan demografi, motivasi dan latar belakang audiens. Setelah itu, Anda juga harus mulai melakukan analisa target pasar untuk menentukan kompetitor. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan analisis SWOT agar bisa menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang diberikan oleh kompetitor Anda. Selanjutnya, Anda bisa melakukan survei untuk pelanggan Anda saat ini agar bisa menentukan apa benar mereka tertarik dengan produk Anda sebelum Anda mulai mengembangkanya.

2. Tetapkan Tujuan Pengembangan

Pertimbangkanlah area bisnis mana saja yang ingin Anda kembangkan dengan cara memperkenalkan produk baru atau memperluas ke target pasar baru. Beberapa hal utama yang harus Anda fokuskan adalah penjualan, laba bersih, karyawan, produk, pengguna atau pelanggan, dan area geografis. Lalu, kembangkanlah tujuan SMART pada setiap area yang ingin Anda fokuskan. Dalam hal ini, SMART mencakup tujuan yang specific, measurable, achievable, relevant dan time-based atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah spesifik, terukur, bisa dicapai, relevan, dan berbasis pada waktu.

Contohnya, bila Anda ingin fokus dalam meningkatkan penjualan, maka target SMART Anda kemungkinan adalah meningkatkan penjualan sebanyak 30% selama enam bulan ke depan. Metode ini akan membantu Anda dalam melakukan identifikasi tujuan secara jelas dan menindaklanjuti yang Anda bagikan pada tim, para pemilik kepentingan perusahaan, dan eksekutif perusahaan Anda.

3. Kembangkan Market Plan

Bila Anda sudah melakukan alokasi sumber daya yang memang Anda butuhkan, maka cobalah untuk bekerja dengan tim marketing agar bisa mengembangkan rencana peluncuran produk atau memperkenalkan produk yang telah ada ke target pelanggan baru. Hal ini nantinya akan membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness dan menghasilkan lebih banyak leads.

Beberapa media yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan rencana ini adalah billboard, email marketing, iklan di media sosial, media pemasaran lokal, posting blog dan konten digital, iklan radio atau televisi, dan iklan cetak.Anda bisa melakukan peninjauan ulang tentang riset yang sudah Anda kumpulkan tentang target audiens Anda agar bisa menentukan saluran pemasaran mana saja yang paling sering mereka gunakan.

Selain itu, lakukanlah kerjasama dengan tim marketing untuk menetapkan KPI kampanye marketing Anda, seperti jumlah audiens yang akan dijangkau atau jumlah klik ke situs website Anda. Setelah itu, lakukanlah pelacakan KPI selama kampanye agar bisa melakukan identifikasi area yang harus ditingkatkan dan juga menilai kemajuan Anda.

4. Alokasikan Sumber Daya

Setelah itu, cobalah untuk melakukan pertimbangan sumber daya utama yang Anda perlukan dalam mencapai tujuan perkembangan bisnis. Setiap industri memiliki sumber daya yang berbeda, namun seringkali di dalamnya mencakup peralatan, bahan baku mentah, karyawan, aplikasi, materi marketing, dan modal awal.

Anda bisa terlebih dahulu membuat daftar agar bisa membantu Anda dalam melacak sumber daya ini atau menggunakan suatu alat manajemen proyek agar bisa membantu Anda agar bisa tetap teratur. Bila Anda sudah membuat daftar sumber daya utama yang Anda perlukan, maka Anda bisa mulai melakukan identifikasi. Pertimbangkan juga untuk menyertakan opsi cadangan pada setiap sumber agar bisa memastikan Anda telah siap untuk memperluas lini produk atau memperkenalkan produk ke target pasar yang baru.

5. Luncurkan Produk

Bila Anda sudah menyelesaikan riset dan planning, maka ini waktu yang tepat untuk meluncurkan produk atau memperkenalkan produk Anda ke target pasar baru. Dalam meningkatkan keberhasilan tersebut, Anda harus melakukan komunikasi secara terbuka dengan tim Anda terkait kemajuan, tujuan, dan juga langkah tindakan yang akan dilakukan.

Anda juga bisa memberikan kampanye menyeluruh dan juga rencana penjualan pada anggota tim inti agar bisa memastikan mereka dalam memahami tugas mereka dan rencana Anda dalam mengukur tingkat kesuksesannya. Lakukan juga pembaruan status secara rutin terkait garis waktu peluncuran, tugas yang nantinya akan datang, serta tenggat waktu agar bisa membantu tim agar tetap teratur dan sesuai dengan rencana.

6. Analisis Hasil

Bila Anda sudah meluncurkan produk baru atau memperluas ke target pasar baru, mulailah untuk melakukan pelacakan hasil agar bisa memastikan tujuan Anda dan mengetahui rasa kepuasan pelanggan. Mulailah untuk mengumpulkan data penjualan sesegera mungkin. Informasi tersebut akan membantu Anda dalam menilai suksesnya peluncuran dan memperkirakan apakah Anda bisa memenuhi proyeksi Anda.

Hal tersebut juga nantinya akan membantu Anda untuk melakukan identifikasi terkait area yang harus ditingkatkan dan memaksimalkan kampanye agar bisa membantu Anda dalam mencapai sasaran. Setelah itu, gunakanlah data tersebut untuk mempresentasikan hasil riset Anda pada para pemilik kepentingan dan eksekutif perusahaan. Sehingga, Anda akan terbantu dalam menjelaskan hasil strategi market development dan langkah yang akan diambil selanjutnya.

Post Views: 519
Share

Tags: academic research papers, Community Service, Development, Kampus Terakreditasi, Lecturer, Mahasiswa Berprestasi, manajemen, Penelitian, Perguruan Tinggi Terakreditasi, Strategies, UMA Berkualitas, UMA Bestari, Universitas Berkualitas, Universitas Rangking, Universitas Standar Internasional, Universitas Terbaik, writing research

Pengumuman Terbaru
Workshop Publikasi Artikel di Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus
Workshop Publikasi Artikel di Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus Dosen UMA Tahun 2022 Pemateri : 1. Prof. Drs. Mahyuddin, M.IT,...
Penerimaan Proposal Penelitian BOPTN-SAME-PHC NUSANTARA
Dalam rangka kerja sama penelitian antara Indonesia dan Prancis, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan...

KAITAN UMA

 

News Update
LP2M Sosialisasi Program Penelitian dan PKM DIYA T.A. 2023
Rabu, 04 Januari 2023, LP2M melakukan Sosialisasi Mekanisme Program Penelitian dan PKM DIYA Tahun 2023 di Fakultas Hukum dan Isipol...
UMA Laksanakan PKM di Desa Sei Mencirim, Kec. Kutalimbaru
Dalam mendukung Tridarma Perguruan Tinggi serta Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Medan...
Tingkatkan Publikasi, LP2M UMA Gelar Workshop Scopus
Jum'at, 25 November 2022, LP2M Universitas Medan Area menggelar Kegiatan Workshop Publikasi Artikel di Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus Bagi...

Statistik Pengunjung

  • 0
  • 8,753
  • 6,708
  • 1,900,368
  • 1,152,483
Kampus I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Center : 0811-6013-888
(061) 7368012
Kampus II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331

Statistik Pengunjung

  • 0
  • 8,753
  • 6,708
  • 1,900,368
  • 1,152,483
Copyright © 2016 - 2023 PDAI - Universitas Medan Area