Skip to content
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
facebook
twitter
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Call Support 0822-7473-7806
Email Support lp2m@uma.ac.id
Location Jalan Kolam No. 1 Medan
  • BERANDA
  • TENTANG
    • PROFIL
    • VISI DAN MISI
    • TUJUAN DAN SASARAN
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • PIMPINAN DAN STAFF
    • RENCANA INDUK PENGEMBANGAN
    • RENCANA STRATEGIS
    • PROGRAM KERJA
      • BIDANG PENELITIAN
      • BIDANG PENGABDIAN
  • BERITA KEGIATAN
  • KERJASAMA
    • HIBAH
      • KEMENDIKBUD-RISTEK
        • PENELITIAN
        • PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
      • DANA INTERNAL YAYASAN (DIYA)
        • PENELITIAN
        • PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
      • LPDP
        • RISET KEILMUAN
      • MANDIRI
        • PENELITIAN
        • PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    • KAITAN
      • UMA
        • SIGN IN WEBMAIL
        • PENJAMINAN MUTU UMA
        • HIMPUNAN APLIKASI ONLINE
        • JURNAL ILMIAH DOSEN
        • REPOSITORY UMA
        • OPEN ACCESS PUBLIC CATALOG
      • LEMBAGA
        • LLDIKTI WILAYAH I
        • DIKTI KEMDIKBUD
        • BRIN
        • PGHC
        • PHKI
  • LAYANAN & INFORMASI
    • APLIKASI
      • APLIKASI PENELITIAN & PENGABDIAN (LIPAN)
      • SWAMP-D
      • PROSIDING UMA
    • PENDANAAN
      • BIMA
      • RISNOV BRIN
      • MATCHING FUND
      • RISET KEILMUAN LPDP
    • ARSIP DIGITAL
    • GALERI
    • PELAYANAN ONLINE
      • Kinerja Penelitian dan PKM
      • Pengunggahan Laporan Akhir DIYA UMA Tahun 2021
      • Laporan Kemajuan DIYA UMA
    • HKI
      • Pendaftaran HKI
    • HELPDESK
  • PUBLIKASI
    • Jurnal Internasional
    • Hak Cipta
    • Paten
    • Prosiding
    • Buku

Sering Melihat Iklan? Pengertian dan Apa Tujuannya

Home > Artikel > Sering Melihat Iklan? Pengertian dan Apa Tujuannya

Sering Melihat Iklan? Pengertian dan Apa Tujuannya

Posted on October 21, 2022 by adminlp2m
0

Cepatnya perkembangan zaman yang terjadi saat ini membuat semakin banyak orang untuk membuka bisnis. Di era pemulihan pasca pandemi seperti saat ini pun semakin banyak orang yang terus berusaha meningkatkan pendapatan. Hal tersebut membuat persaingan bisnis semakin tepat. Namun, iklan dengan strategi yang tepat akan membantu usaha kecil untuk bisa terus berkembang di pasar.

Sebelum menggunakannya, tentu kita harus terlebih dulu mengetahui pengertian iklan dan bagaimana suatu iklan bisa meningkatkan penjualan bisnis. Berikut penjelasannya.

Definisi Iklan

Berdasarkan laman Wikipedia, pariwara, ads atau iklan adalah bentuk pesan atau informasi yang digunakan agar bisa membujuk audiens agar tertarik dengan produk barang atau jasa yang ditawarkan. Ads tentunya tidak hanya fokus pada komersial saja. Ads juga bisa digunakan untuk mengajak banyak orang untuk melakukan kegiatan yang baik, seperti iklan layanan masyarakat.

Pada prosesnya, ads sangat berguna dalam melakukan aktivitas pemasaran untuk memperkenalkan brand pada masyarakat luas. Biasanya, ads bisa ditayangkan pada beragam media, seperti televisi, banner, radio, majalah, koran, dan berbagai media lainnya. Bahkan, saat ini terdapat media periklanan online.

Tujuan Dibuatnya Iklan

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa tujuan yang bisa Anda capai dalam beriklan, berikut ini adalah penjelasannya:

1. Memberikan Informasi (Informing)
Biasanya, suatu ads digunakan untuk menginformasikan pada target audiensi, sejumlah informasi terkait suatu produk tertentu. Informasi yang diberikan pun bisa dalam bentuk perilisan produk terbaru, perubahan harga, sampai menciptakan citra brand atau perusahaan.

2. Penambahan Nilai (Adding Value)
Ads terbukti mampu meningkatkan nilai pada suatu produk yang akan dipromosikan. Pariwara yang efektif akan mampu membangun persepsi konsumen yang baik pada suatu brand.

3. Membujuk (Persuading)
Biasanya, suatu ads bertujuan untuk menciptakan preferensi merek audiens pada suatu brand, menciptakan persepsi konsumen, dan juga membujuk konsumen untuk mau membeli produk yang ditawarkan dan dipromosikan.

4. Mengingatkan (Reminding)
Salah satu tujuan dari ads adalah melindungi perusahaan atau brand agar bisa tetap berada di pikiran pelanggannya. Selain itu, ads juga bisa meningkatkan minat konsumen atas merek tersebut.

5. Mendampingi (Assisting)
Tujuan ads yang terakhir adalah alat bantu dalam bauran pemasaran. Suatu ads umumnya akan memfasilitasi berbagai upaya lain dari suatu brand dalam proses komunikasi pemasaran. Tujuannya adalah agar bisa mencapai sasaran utama dalam aktivitas komunikasi pemasaran. Contohnya seperti mencapai angka penjualan tertentu.

Jenis-Jenis Iklan

Setelah mengetahui apa itu iklan dan tujuannya, maka kita juga harus mengetahui berbagai jenis ads. Berikut ini adalah jenis ads berdasarkan isi, tujuan, dan medianya.

1. Jenis Iklan Berdasarkan Media

  • Media Cetak
    Sama seperti namanya, ads cetak adalah suatu ads yang dibuat secara dicetak. Umumnya, ads ini banyak ditemukan pada koran, majalah, banner, dan lain sebagainya.
  • Media Elektronik
    Jenis ads yang satu ini menggunakan media elektronik untuk saluran penyampaiannya. Jenis ads ini banyak ditemukan dalam berbagai kehidupan sehari-hari, seperti iklan radio, televisi, film, dan juga media sosial.

2. Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

  • Penawaran (Niaga)
    Jenis pariwara yang paling mudah untuk ditemui adalah pariwara penawaran. Biasanya, ads ini berisi penawaran suatu produk, baik itu dalam bentuk barang ataupun jasa pada target audiensnya.
  • Layanan Masyarakat
    Jenis ads ini sudah sangat banyak digunakan oleh suatu instansi ataupun lembaga tertentu. Umumnya, didalamnya terdapat informasi terkait sosialisasi dan topik atau isu yang ingin dibahas. Contohnya seperti pariwara terkait kesehatan, keluarga berencana, vaksin, dan lain sebagainya.
  • Pengumuman atau Pemberitahuan
    Jenis ads ini banyak digunakan oleh banyak orang untuk menginformasikan dan menarik perhatian target audiens. Isinya sangat berguna untuk menginformasikan tentang pencapaian suatu brand, event, dan lain sebagainya.

3. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

  • Komersial (Bisnis)
    Pariwara komersial dilakukan untuk meraih banyak keuntungan dan meningkatkan penjualan dari suatu brand. Hal tersebutlah yang umumnya mampu meningkatkan pendapatan dari suatu perusahaan.
  • Non-Komersial
    Berkebalikan dari ads komersial, ads non-komersial tidak terlalu fokus dalam mendapatkan keuntungan dan juga meningkatkan penjualan. Fokus ads ini adalah social awareness, dan berorientasi dalam jangka waktu yang panjang. Ads ini seringkali dimanfaatkan oleh para pebisnis agar nantinya masyarakat bisa menjadi semakin peduli pada brand mereka.
Post Views: 325
Share

Tags: academic research papers, buku dosen, Dosen Berprestasi, DRPM, Kampus UMA Sehat, Mahasiswa Berprestasi, non research articles, Penelitian, Perguruan Tinggi Internasional, results articles, UMA Bestari, Universitas di Medan, Universitas Rangking, Universitas Standar Internasional, Universitas Terakreditasi, Universitas Terbaik, writing research

Pengumuman Terbaru
Workshop Publikasi Artikel di Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus
Workshop Publikasi Artikel di Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus Dosen UMA Tahun 2022 Pemateri : 1. Prof. Drs. Mahyuddin, M.IT,...
Penerimaan Proposal Penelitian BOPTN-SAME-PHC NUSANTARA
Dalam rangka kerja sama penelitian antara Indonesia dan Prancis, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan...

KAITAN UMA

 

News Update
LP2M Sosialisasi Program Penelitian dan PKM DIYA T.A. 2023
Rabu, 04 Januari 2023, LP2M melakukan Sosialisasi Mekanisme Program Penelitian dan PKM DIYA Tahun 2023 di Fakultas Hukum dan Isipol...
UMA Laksanakan PKM di Desa Sei Mencirim, Kec. Kutalimbaru
Dalam mendukung Tridarma Perguruan Tinggi serta Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Medan...
Tingkatkan Publikasi, LP2M UMA Gelar Workshop Scopus
Jum'at, 25 November 2022, LP2M Universitas Medan Area menggelar Kegiatan Workshop Publikasi Artikel di Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus Bagi...

Statistik Pengunjung

  • 8
  • 8,874
  • 6,802
  • 1,900,489
  • 1,152,577
Kampus I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Center : 0811-6013-888
(061) 7368012
Kampus II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331

Statistik Pengunjung

  • 8
  • 8,874
  • 6,802
  • 1,900,489
  • 1,152,577
Copyright © 2016 - 2023 PDAI - Universitas Medan Area