Siapa yang tidak suka penjualan yang bagus? Beberapa orang dapat melihat berbelanja, mencari kesepakatan, dan membeli produk yang menyenangkan secara visual sebagai “terapi ritel” yang tidak berbahaya. Tetapi bagi orang lain, berbelanja mungkin menjadi masalah. Mari kita bahas pembelian impulsif. Pembelian ini tidak dapat diklasifikasikan sebagai satu kategori produk. Produk seperti cokelat, pakaian, ponsel, dan barang mahal seperti perhiasan, kendaraan, dan barang mahal lainnya, adalah contoh pembelian impulsif.
Konsumen yang mengunjungi hypermarket tanpa niat yang nyata untuk membeli apa pun kemungkinan akan pergi dengan pembelian. Dengan merilis barang-barang yang mungkin menjadi aksesori untuk ponsel mereka, seperti gelang kebugaran, jam tangan, dan aksesori serupa lainnya, banyak produsen ponsel lebih memilih untuk memanfaatkan fitur ini di konsumen mereka. Artikel ini akan menjelaskan apa itu pembelian impulsif dan apa pengaruhnya terhadap perilaku konsumen.
Apa itu Pembelian Impulsif?
Pembelian impulsif adalah ketika pelanggan membeli sesuatu tanpa memikirkannya terlebih dahulu. Itu terjadi ketika produk atau pesan diiklankan atau dipromosikan dengan baik. Pembeli ini membeli barang tanpa direncanakan karena mereka mengandalkan perasaan yang membuat mereka merasa perlu membeli.
Seorang konsumen berkeinginan untuk melakukan pembelian produk dan jasa di menit-menit terakhir. Ketika pembeli melakukan pembelian impulsif, sentimen dan emosi sering mendorong mereka. Pembelian acak ini terkadang relatif tidak berbahaya jika berada dalam batas pengeluaran seseorang. Namun, sayangnya, pembelian ini juga dapat menyebabkan pesta belanja mahal yang dapat merusak keuangan mereka.
Indikator Perilaku Pembelian Impulsif
Kebanyakan individu terlibat dalam pembelian impulsif pada kesempatan tertentu. Beberapa indikator pembelian impulsif antara lain:
- Menghabiskan banyak uang dari yang direncanakan
- Mengunjungi bisnis yang sering menyebabkan pembelian impulsif
- Perasaan cepat puas setelah pembelian yang tidak direncanakan
- Sering mengembalikan pembelian yang tidak direncanakan karena penyesalan
Efek Pembelian Impulsif pada Perilaku Konsumen
Ketegangan antara manfaat langsung dan efek pembelian yang berpotensi membahayakan, yang dihasilkan dari pembelian ini, menyebabkan hilangnya kendali emosional dan dapat memicu perilaku pembelian obsesif yang dapat berkembang ke tingkat kronis dan patologis.
Kita harus secara spesifik menggambarkan “pembelian impulsif” pelanggan sebagai keinginan spontan untuk membeli sesuatu tanpa persiapan atau pertimbangan untuk mengidentifikasi perubahan perilaku konsumen ini. “Pemicu” atau respons pertama yang dimiliki pembeli terhadap sesuatu yang sebelumnya tidak mereka inginkan sebelum berhubungan dengan barang itu disebut pembelian impulsif.
Banyak hal yang menjadi pertimbangan setiap kali pelanggan memiliki dorongan untuk membeli:
- Faktor Konsonan: Faktor ini sering mengacu pada seberapa stabil dan dapat diterima sesuatu dianggap. Variabel konsonan menunjukkan bahwa pembelian ini sesuai dengan keinginan, situasi keuangan, dan perasaan Anda. Variabel disonan terkadang membatalkan faktor ini.
- Faktor Disonan: Elemen ini biasanya menunjukkan keinginan untuk resolusi dan ketidaksetujuan. Anda berusaha menggunakan pengendalian diri untuk menahan keinginan untuk memperoleh sesuatu karena pertimbangan yang tidak sesuai membuat Anda percaya bahwa hal itu dapat berdampak negatif pada Anda.
Sebelum pandemi Covid-19, sebagian besar pembeli mungkin tidak keberatan membeli camilan atau barang kebutuhan lainnya di tempat karena mereka merasa mendapatkannya di akhir perjalanan. Itu tidak akan berdampak signifikan pada anggaran mereka secara keseluruhan. Dengan kata lain, faktor konsonan mereka lebih mudah untuk “disetujui”.
Saat ini, ini menunjukkan bahwa pembeli lebih peduli pada hal-hal yang tidak sejalan daripada yang mereka lakukan terhadap produk itu sendiri. Orang-orang merasa “kurang aman” ketika mereka membeli sesuatu secara spontan karena mereka tidak tahu bagaimana hal itu akan mempengaruhi kesehatan mental atau keuangan mereka di kemudian hari. Siapa yang bisa menyalahkan mereka, mengingat betapa buruknya pandemi bagi perekonomian secara keseluruhan?