Skip to content
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
facebook
twitter
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Call Support 0822-7473-7806
Email Support lp2m@uma.ac.id
Location Jalan Kolam No. 1 Medan
  • BERANDA
  • TENTANG
    • PROFIL
    • VISI DAN MISI
    • TUJUAN DAN SASARAN
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • PIMPINAN DAN STAFF
    • RENCANA INDUK PENGEMBANGAN
    • RENCANA STRATEGIS
    • PROGRAM KERJA
      • BIDANG PENELITIAN
      • BIDANG PENGABDIAN
  • BERITA KEGIATAN
  • KERJASAMA
    • HIBAH
      • KEMENDIKBUD-RISTEK
        • PENELITIAN
        • PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
      • DANA INTERNAL YAYASAN (DIYA)
        • PENELITIAN
        • PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
      • LPDP
        • RISET KEILMUAN
      • MANDIRI
        • PENELITIAN
        • PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    • KAITAN
      • UMA
        • SIGN IN WEBMAIL
        • PENJAMINAN MUTU UMA
        • HIMPUNAN APLIKASI ONLINE
        • JURNAL ILMIAH DOSEN
        • REPOSITORY UMA
        • OPEN ACCESS PUBLIC CATALOG
      • LEMBAGA
        • LLDIKTI WILAYAH I
        • DIKTI KEMDIKBUD
        • BRIN
        • PGHC
        • PHKI
  • LAYANAN & INFORMASI
    • APLIKASI
      • APLIKASI PENELITIAN & PENGABDIAN (LIPAN)
      • SWAMP-D
      • PROSIDING UMA
    • PENDANAAN
      • BIMA
      • RISNOV BRIN
      • MATCHING FUND
      • RISET KEILMUAN LPDP
    • ARSIP DIGITAL
    • GALERI
    • PELAYANAN ONLINE
      • Kinerja Penelitian dan PKM
      • Pengunggahan Laporan Akhir DIYA UMA Tahun 2021
      • Laporan Kemajuan DIYA UMA
    • HKI
      • Pendaftaran HKI
    • HELPDESK
  • PUBLIKASI
    • Jurnal Internasional
    • Hak Cipta
    • Paten
    • Prosiding
    • Buku

Definisi dan Perbedaan Target Audience dan Target Market

Home > Artikel > Definisi dan Perbedaan Target Audience dan Target Market

Definisi dan Perbedaan Target Audience dan Target Market

Posted on May 28, 2022 by adminlp2m
0

Dalam merintis sebuah bisnis startup, Anda tentunya harus menawarkan sebuah produk, baik itu barang maupun jasa kepada masyarakat. Namun, tidak semua lapisan masyarakat butuh atau cocok dengan produk yang Anda tawarkan. Agar lebih tepat sasaran, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu target audience untuk produk yang Anda jual.

Mengenal Target Audience dan Target Market

Strategi pemasaran bisa dikatakan efektif jika strategi tersebut mampu menjangkau target audience yang tepat. Dari sini muncullah satu pertanyaan. Apa itu target audience? Target audience adalah sekelompok orang yang diperkirakan paling mungkin untuk tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Mereka diidentifikasi sebagai kelompok orang yang memungkinkan untuk menjadi pelanggan bisnis. Umumnya, target audience memiliki ciri demografis serupa. Meski demikian, target audience tidak selalu terbatas pada jenis kelamin, usia, lokasi hingga pendidikan.

Perbedaan Target Audience dan Target Market

Banyak yang mengira jika target audience dan target market adalah dua hal yang sama. Bahkan tenaga pemasaran juga banyak yang salah paham dengan keduanya. Padahal ada perbedaan yang sangat mendasar antara target audience dengan target market.

Target audience adalah sekelompok orang yang ditargetkan sebagai target pemasaran. Di sisi lain, target market adalah kelompok orang yang memang ditargetkan sebagai target konsumen atau orang yang menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.

Target audience dan target market bisa sama, namun bisa juga berbeda. Contohnya adalah susu formula. Target audience susu formula adalah para orang tua. Namun sebaliknya, target market-nya adalah anak-anak.

Fungsi dan Manfaat Target Audience dalam Pemasaran

Anda mungkin berhasil membuat konten pemasaran yang sukses menarik banyak jumlah view. Namun kalau jumlah penjualannya sedikit, berarti ada yang salah. Di sinilah pentingnya menentukan target audience dalam pemasaran. Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi dan manfaat target audience dalam memasarkan produk atau jasa.

  • Memudahkan Proses Pembuatan Konten
    Memiliki target audience membantu Anda menentukan jenis konten seperti apa yang sebaiknya dibuat. Proses menebak-nebak bisa dihindari. Konten yang dibuat pun lebih efektif menjangkau orang-orang yang potensial dan lebih mungkin membeli produk atau layanan Anda.
  • Pemasaran Jadi Lebih Tepat Sasaran
    Isi konten yang disesuaikan dengan target audience akan lebih mungkin menjangkau orang yang tepat. Konten yang Anda buat jadi tidak hanya sebatas menjadi bahan tontonan yang hanya sukses menarik banyak view. Karena sudah tepat sasaran, konversi juga jadi lebih mudah.
  • Optimalisasi Sumber Daya Pemasaran
    Pemasaran memang bisa sangat mahal. Namun dengan memiliki target audience, Anda bisa melakukan pemasaran yang lebih efektif dan tepat sasaran. Anda pun bisa menghindari pemborosan sumber daya.
  • Menghindari Persaingan Bisnis yang Tidak Sehat
    Perang harga bisa dihindari jika Anda berhasil menjangkau target audience yang tepat. Biasanya, target audience yang tepat menempatkan harga bukan sebagai prioritas. Selama solusi yang ditawarkan memenuhi kebutuhan dan ekspektasi, mereka tidak akan segan-segan mengeluarkan lebih banyak uang.

Faktor Penentu Target Audience

Ada beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam menentukan target audience. Namun untuk menemukan target audience yang tepat, Anda bisa memulainya dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

1. Apa produk atau layanan Anda?

2. Untuk siapa produk atau layanan tersebut dibuat?

3. Siapa yang akan menilai produk atau layanan tersebut berguna?

4. Siapa yang akan membeli produk atau layanan tersebut dari Anda?

5. Siapa yang kemungkinan akan tertarik dengan bisnis Anda?

6. Siapa saja klien Anda di masa lalu?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu Anda mengerucutkan siapa target audience terbaik bisnis Anda. Saat menentukan target audience, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan audience dari kompetitor Anda

Post Views: 3,361
Share

Tags: academic research, academic research papers, Alumni Berprestasi, Dosen Terbaik, Kampus di Medan, Kampus Terakreditasi, Kampus UMA, Kampus UMA Sehat, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, research articles, UMA Berkualitas, Universitas di Medan, Universitas Terbaik

Pengumuman Terbaru
Workshop Publikasi Artikel di Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus
Workshop Publikasi Artikel di Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus Dosen UMA Tahun 2022 Pemateri : 1. Prof. Drs. Mahyuddin, M.IT,...
Penerimaan Proposal Penelitian BOPTN-SAME-PHC NUSANTARA
Dalam rangka kerja sama penelitian antara Indonesia dan Prancis, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan...

KAITAN UMA

 

News Update
UMA Masuk Di Jajaran Elit Perguruan Tinggi Versi Unirank 2023
 Universitas Medan Area kembali mendapatkan penghargaan atas keunggulannya sebagai salah satu Perguruan Tinggi Nomor 1 terbaik di Sumatera Utara. Kali...
LP2M UMA Gelar Seminar Proposal Penelitian & PKM DIYA UMA
Jum'at, 10 Maret 2023, LP2M UMA Menyelenggarakan Seminar Penilaian Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat DIYA UMA Tahun 2023 di...
Komitmen Bersama Pelaksanaan Program DIYA UMA Tahun 2023
Selasa, 07 Februari 2023, Universitas Medan Area bersama dengan LP2M melaksanakan kegiatan Komitmen Bersama Pelaksanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada...

Statistik Pengunjung

  • 3
  • 13,102
  • 7,896
  • 2,430,370
  • 1,561,908
Kampus I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Center : 0811-6013-888
(061) 7368012
Kampus II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331

Statistik Pengunjung

  • 3
  • 13,102
  • 7,896
  • 2,430,370
  • 1,561,908
Copyright © 2016 - 2023 PDAI - Universitas Medan Area